Rabu, 19 September 2012

Pertemuan 2 Mobile Computing : OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (Review)

        Berbicara tentang Object Oriented Programmig atau Pemrograman Berbasis Objek (kami sering menyebutnya OOP atau PBO) jadi teringat waktu semester 3. Baiklah sekarang saya akan membahas tentang OOP dan saudara-sadaranya. :D

Object Oriented Programmig atau Pemrograman Berbasis Objek adalah suatau teknik pemrograman yang memisalkan segala sesuatu dalam kehidupan nyata.

Class
  • Class adalah sekumpulan objek-objek yang sama. 
  • Semua objek dalam suatu kelas memiliki atribut dan operasi yang sama, tetapi nilai atribut dapat berbeda.
  • Suatu objek tertentu merupakan instance sebuah kelas.
  • Contoh: Sekumpulan bola merupakan suatu kelas 


  • Deklarasi Class





Object  

  • Representasi sebuah item, unit atau entitas individu, dapat diidentifikasi 
  • real atau abstrak,  
  • Objek memiliki nama, misal : anjing  
  • Objek memiliki atribut yang mendefinisikan keadaan (states), misal. warna, berat, jenis kelamin. 
  • Objek memiliki operasi yang menyatakan apa yang dapat dilakukan oleh objek, misal: menggonggong, berlari, berbaring.
  •  Contoh     


Method atau Behaviour
  • Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
  • Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.
  • Deklarasi Method 

Attributes
  • Attributes merupakan nilai data yang terdapat pada suatu object yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.
  • Contoh : pada Class Fruit terdapat attribute : warna, berat pada object mangga : warna berisi kuning dan berat misalkan 0.25 kg pada object apel : warna berisi merah dan berat misalkan 0.30 kg
  • Deklarasi Variabel 


Constructor
  • Constructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor.
  • Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor harus  memiliki nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak memiliki nilai  kembalian.

  • Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi  (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya  boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.

  • Deklarasi Constructor 

Package
  • Package adalah sebuah kontainer atau kemasan yang dapat digunakan untuk mengelompokkan kelas-kelas sehingga memungkinkan beberapa kelas yang bernama sama disimpan dalam package yang berbeda.
  • Contoh 
 



0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates